PKPSM Akan Gelar FGD

Pusat Kajian Pendidikan Sains dan Matematika (PKPSM) IKIP Mataram semakin memperlihatkan eksistensi mereka dalam memberikan sumbangsih pemikiran dan kerja nyata bagi perkembangan pendidikan sains dan matematika di IKIP Mataram. Walaupun mereka baru seumur jagung, tapi kiprah dalam bentuk kegiatan nyata telah diwujudkan. beberapa kegiatan telah dilaksanakan baik secara sendiri maupun kerjasama dengan lembaga lain. Terakhir pusat studi yang dikomandoi oleh Hunaepi, M.Pd ini telah melaksanakan kegiatan workshop karya ilmiah yang diikuti oleh 400 orang dosen dan mahasiswa. Kali ini PKPSM akan menggelar kegiatan Focus Group Dissussion (FGD) yang akan mengangkat tema KAJIAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. FGD akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 18 Januari 2013 di Ruang Sidang Bacalah IKIP Mataram. 81pkpsmDalam keterangan tertulisnya Hunaepi, M.Pd mengungkapkan bahwa Pendidikan sebagai salah satu usaha sadar manusia untuk memanusiakan manusia, tentunya akan dapat tercapai jika sistem dan proses pelaksanaannya, dilaksakan dengan baik dan bijaksana. Indikator keberhasilan pendidikan adalah terciptanya insan manusia yang berpikir, dan berkarakter. Untuk mewujudkan insan manusia di atas tentunya membutuhkan sistem baru yang dapat menjawab tantang era globalisasi. Perwujudan pendidikan dan pengajaran yang baik ditentukan oleh kurikulum yang berlaku. Perubahan kurikulum dari KBK, KTSP dan sekaran kurikulum 2013 sebagai bentuk usaha untuk memperbaiki kualitas manusia indonesia. Pelaksanaan penyusunan kurikulum 2013 adalah bagian dari melanjutkan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu, sebagaimana amanat UU 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada penjelasan pasal 35, di mana kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati. Paparan ini merupakan bagian dari uji publik Kurikulum 2013, yang diharapkan dapat menjaring pendapat dan masukan dari masyarakat. Tema pengembangan kurikulum 2013 adalah dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap (tahu mengapa), keterampilan (tahu bagaimana), dan pengetahuan (tahu apa) yang terintegrasi. Diakui dalam perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21, kini memang telah terjadi pergeseran baik ciri maupun model pembelajaran. Inilah yang diantisipasi pada kurikulum 2013. Skema 1 menunjukkan pergeseran paradigma belajar abad 21 yang berdasarkan ciri abad 21 dan model pembelajaran yang harus dilakukan. Keberadaan kurikulum 2013 saat ini menjadi momok bagi guru-guru, karena pemahaman guru secara praktis masih sangat rendah. Tentunya keadan ini akan menjadi persoalan yang cukup berat jika tidak di tangai dengan baik. Perubahan kurikulum tak akan berarti banyak, jika proses pembelajaran di sekolah-sekolah masih berorientasi konvensional. Memandang permasalahan yang kompleks tersebut Pusat Kajian Pendidikan Sains dan Matematika IKIP Mataram memandanga perlu untuk melakukan diskusi dengan para pengambil kebijakan, praktisi, akademisi, dan para pelaku di dalam pendidikan.